Sabtu, 19 September 2015

Pengertian Human Relations


    

Human Relations atau Hubungann Manusiawi tidak pernah luput dari kehidupan kita sehari-hari. Sebagai manusia, kita tidak akan bisa untuk hidup tanpa manusia lain. Berikut adalah pengertian Human Relations atau Hubungan Manusiawi menurut para ahli.

1.   Haloran
Human relations adalah studi tentang interaksi antarmanusia dalam organisasi untuk mencegah, mengurangi terjadinya konflik dalam lingkungan kerja.

2.   Abdurrachman
Human relations adalah interaksi dari orang-orang ke dalam suasana kerja dengan memotivasi, mereka akan bekerja bersama-sama secara produktif, kooperatif dengan kepuasan baik mengenai segi ekonominya maupun psikologis dan sosialnya.

3.   Musanef
Human relations adalah segala hubungan baik yang bersifat formal maupun informal yang dijalankan oleh atasan terhadap bawahan, oleh bawahan terhadap sesama bawahan, oleh atasan terhadap atasan dalam usaha memupukkan suatu kerjasama yang intim dan selaras guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4.   The Liang Gie
Human relations adalah adanya suatu interaksi, bukan sekedar relasi atau hubungan yang pasif, melainkan suatu aktivitas yang merupakan ‘action oriented’ untuk mengembangkan hasil yang lebih produktif dan memuaskan.


5.   Stan Kossen
Human relations adalah telaah perilaku manusia dan antar hubungannya dalam organisasi dengan tujuan menggabungkan kebutuhan-kebutuhan dan sasaran-sasaran pribadi dengan kebutuhan-kebutuhan dan sasaran-saran organisasi secara menyeluruh.

6.   Eduard C. Lindeman
Human relations adalah komunikasi antarpersona untuk membuat orang lain mengerti dan menaruh simpati.

7.   Keith Davis
Human relations adalah interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam situasi kerja dan dalam organisasi kekaryaan.

8.   Wursanto

Human relations adalah terjemahan kata hubungan kemanusiaan yang bersifat rohaniah dengan memperhatikan aspek-aspek kejiwaan yang ada didiri manusia misalnya: watak, sikap, tingkah laku, peramai, dan lain-lain aspek kejiwaan yang terdapat dalam diri manusia.

9.   Zinun
Human relations adalah suatu lapangan dari kegiatan manajemen, lebih merupakan proses pengintegrasian manusia pada alam suatu situasi kerja sehingga mereka dapat didorong untuk bekerja sama secara produktif guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

10.         H. Boner
Human relations adalah hubungan antara dua atau lebih individu manusia dan perilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, dan memperbaiki perilaku individu lain atau sebaliknya.

Sumber : 

Winasis, Agus. 2013. Definisi Human Relation Menurut Para Ahli. http://agus93winasis.blogspot.co.id/2013/11/definisi-human-relation-menurut-para.html. Diakses 12 September 2015.

  


0 komentar:

Posting Komentar

 
Javascript