Rabu, 30 Desember 2015

Tips Menyaksikan Malam Pergantian Tahun di Pantai Pangandaran




Pesta Kembang Api saat Malam Pergantian Tahun di Pangandaran (Sumber foto : mypangandaran.com)

Tahun yang baru sudah di depan mata. Ramainya objek wisata saat malam pergantian tahun menjadi bukti bahwa malam tahun baru menjadi sesuatu yang disaksikan secara langsung oleh orang banyak. Pantai Pangandaran yang merupakan pantai teramai di Jawa Barat menjadi tempat favorit untuk dijadikan tempat perayaan malam pergantian tahun. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin menyaksikan malam pergantian tahun di Pantai Pangandaran.

1.   Pesan Penginapan Jauh Hari
Jika Anda berasal dari luar daerah atau jika Anda ingin menginap di malam tahun baru dengan keluarga, pastikan Anda sudah memesan penginapan beberapa minggu atau bahkan sebulan sebelum tahun baru. Ini karena penginapan biasanya akan penuh jika Anda memesan pada hari H. Jika Anda ingin menginap, siapkan anggaran lebih karena biasanya harga penginapan di malam tahun baru akan naik jika dibanding hari biasa.

2.   Perhitungkan Waktu Berangkat
Pangandaran merupakan salah satu pusat perayaan tahun baru teramai di Jawa Barat. Akibatnya, banyak orang yang berasal dari daerah-daerah di Priangan, khususnya bagian Timur akan beramai-ramai menuju Pangandaran. Hal itu akan membuat pantai penuh dengan kendaraan dan manusia.
Jangan sampai Anda terjebak macet di jalan karena banyaknya pengunjung pantai yang lain. Berangkatlah sedini mungkin agar Anda bisa bebas menentukan titik di mana Anda akan merayakan tahun baru. Biasanya, pada pukul 16.00 WIB, pihak Polantas setempat akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup akses menuju Pantai Barat lewat jalur utama (lewat tol). Tetapi Anda bisa melalui pintu masuk ke Pantai Timur. Berangkatlah sedini mungkin demi kenyamanan dan keselamatan Anda. Di Pangandaran banyak sekali hal-hal yang membuat Anda menjadi tidak merasakan menunggu dalam waktu lama. Apalagi jika Anda bersama orang-orang terkasih.

3.   Waspada di Jalan
Jalan menuju Pangandaran dari Kecamatan Banjarsari sampai pusat Kecamatan Kalipucang, dan dari SMAN 1 Pangandaran sampai pantai relatif bagus. Dengan track lurusnya, jalan raya tersebut juga ditunjang dengan memadainya kualitas aspal. Namun Anda harus tetap berhati-hati jangan sampai hal tersebut membuat Anda terlena dengan melakukan kebut-kebutan di jalan.
Anda akan menemui jalanan yang naik-turun dan berliku tajam setelah melewati pusat Kecamatan Kalipucang. Panjangnya sekitar 7 km. Hal itu diperparah dengan rendahnya kualitas aspal di jalan tersebut. Berhati-hatilah saat mengendarai kendaraan Anda, tetap fokus dan matangkan perhitungan. Karena setiap tahunnya selalu ada korban kecelakaan yang luka-luka bahkan meninggal saat menuju atau sepulang dari merayakan malam pergantian tahun di Pangandaran.

4.   Parkirkan Kendaraan
Penuhnya lokasi pantai dengan kendaraan pengunjung membuat Anda tidak bisa leluasa pergi dengan kendaraan, terutama setelah sore hari. Apalagi setelah pukul 21.00 WIB, biasanya kendaraan roda empat akan lumpuh jika melalui jalan di Pantai Barat. Bahkan banyak mobil baik pribadi maupun pariwisata yang tidak bisa bergerak sama sekali di pintu masuk pantai.
Jika Anda tidak menyewa penginapan, parkirkanlah kendaraan Anda di tempat yang aman dan dekat dengan lokasi Anda merayakan tahun baru. Ini supaya Anda bebas pergi ke mana saja dengan berjalan kaki untuk menghindari kemacetan. Jika Anda membawanya ke bibir pantai, Anda akan kesulitan jika ingin menuju toilet atau membeli sesuatu yang tempatnya agak jauh dari pantai. Namun jika Anda dengan rekan yang banyak, itu boleh-boleh saja karena ada teman yang menjaga kendaraan Anda saat Anda meninggalkan kendaraan Anda untuk sementara. Tarif parkir saat tahun baru terkadang irasional, untuk kendaraan roda dua bisa sampai Rp. 15.000.

5.   Siapkan Perbekalan
Jika Anda ingin berhemat, bawalah makanan dan minuman dari rumah atau belilah sebelum masuk ke pantai. Karena harga makanan dan minuman di sana bagi saya termasuk mahal. Harga mie rebus dalam cup saja bisa mencapai Rp. 10.000.
Siapkan uang receh untuk pengamen juga. Di sana Anda akan menemui banyak pengamen. Jika Anda ingin menghargai suaranya berilah uang se-ikhlasnya, namun pantas. Jika Anda tidak mau membayarnya, jangan diam saja. Gelengkan kepala atau berikan isyarat ‘tidak’ dengan tangan Anda. Hal itu lebih baik ketimbang Anda diam saja sampai lagunya habis dan Anda tidak memberi uang.
Bawalah tikar atau alas untuk Anda duduk atau sekedar tidur sebentar di pantai. Namun jika Anda lupa, di sana banyak sekali yang menjual alas.
Saat malam hari akan banyak orang yang membuat polusi suara dengan menggaur-gaurkan motornya. Ini akan sangat berisik dan mengganggu bahkan merusak telinga Anda. Bawalah earphone atau headset.
Beberapa hal yang saya sarankan untuk Anda bawa adalah power bank, hand sanitizer, jaket, kembang api, tisu, dan perlengkapan pribadi. Dan ingat, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. Jangan nodai keindahan Pangandaran. Jika Anda tidak menemui tempat sampah, kumpulkan dulu dalam kantong plastik.

Sekian beberapa tips dari saya. Semoga bermanfaat. Mari menyaksikan malam pergantian tahun dengan bijak dan taat aturan. Semoga tahun ini menjadi pelajaran yang bermanfaat bagi kita untuk tahun depan yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Javascript